MATA
KULIAH : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK.
JUDUL
PERKULIAHAN = KEPRIBADIAN DALAM PENDIDIKAN
PRODI
= PGSD
Oleh: Ade Setiawan
PERTEMUAN
2
Pertumbuhan adalah perubahan
kuantitatif pada tubuh manusia, perubahan itu bisa pembesaran,bisa juga dari
yang tidak ada menjadi ada, dari sedikit menjadi banyak, dari sempit
menjadi besar, ini di akibatkan oleh pengaruh material lingkungan, seperti Sel,
Kromoson, Butir Darah, Rambut, Lemak, Tulang. Sedangkan material lingkungan
seperti ; ide, keinginan, kesan, pengetahuan, dan lain sebagainya, dikatakan
perkembangan.
Secara genitis manusia terjadi
karena pertemuan sperma dan telur, kehidupan awal manusia
sangatdipengaruhi oleh ibu yang mengandungnya, sementara peran sang ayah hanya
memberi peran agar manusia terkonsep. Maksutkan apa yang akan diturunkan oleh
sang ayah sangat tergantung dengan sperma yang membuahi telur.
Individu terbentuk dari 48 Kromoson, 24
kromoson dari sang ayah, dan 24 kromoson warisan sang ibu, setiap kromoson
mempunyai bentuk dan sipat yang berbeda, kromoson itulah yang tumbuh dan
berkembang yang kita sebut Emberio.
1. PERTUMBUHAN FISIK.
A. Pertumbuhan
sebelum lahir.
Emberio
manusia ketika berumur 1 bulan berukuran 0,5 cm, umur 2 bulan
menjadi 2,5 cm, dan telah disebut jadi atau ‘’Fetus’’ setelah kandungan
berumur 3 bulan, fetus telah menyerupai bayi ukuran kecil. Sebelum lahir
pertumbuhan dan perkembangan bayi sangat konflek, masa itu diawali dengan
pemebentukan organ tubuh, tersusunnya jaringan syaraf, dan pembentukan janin
itu akan berakhir saat dilahirkan, kelahiran itu adalah bukti telah
matangnya biologis dan jaringan syaraf telah mampu berfungsi secara
mandiri.
B. Pertumbuhan setelah lahir.
Pertumbuhan ini kita sebut proses pertumbuhan menuju populasi tubuh yang
ideal, dimana pertumbuhan fisik secara terus menerus sampai masa dewasa,
tahun pertama pertumbuhan, dapatdilihat pada ukuran tubuh yang semakin
panjang, dan rata rata tumbuh sekitar seper tiga dari panjang badan semula,
sedangkan berat badan akan bertambah, termasuk jaringan otot tangan, kaki
dan anggot badan lain, akan mengalami perubahan hingga menjadi dewasa dan kuat.
Pertumbuhan pada manusia tidak sama dengan pertumbuhan binatang, anak binatang
akan mengikuti induknya mencari makan, sedangkan manusia tidak demikian, respon
akan datang bila bila ada rangsangan, dan respon replek ini akan
berlangsung hingga bayi berumur 4 sampai 5 bulan. Kapasitas syaraf sensoris
bayi sangat terbatas, namun pendengarannya sangat tajam, sang bayi mampu
membedakan suara lembut dan suara kasar.
Jika kita amati
pertumbuhan fisik manusia sangat bertahan, umur 2 bulan mulai miring
telungkp, merangkak,3 bulan muali duduk dibantu, hingga umur 9 hingga 15
bulan bisa berjalan dan seterusnya. Menurut HURLOCK [ 1991 ;114] ‘’jadwal
pertumbuhan Pertumbuhan fisik anak sipatnya sangat individual’’.
2.
PERTUMBUHAN INTLEK.
Intek atau daya fikir berkembang sejalan denagan pertumbuhan syaraf otak,
berfikir atau fikiradalah menunjukkan pungsi otak, kemampuan intelektuak yang
lazim disebut kemampuan berfikir, sangat dipengaruhi oleh kematangan
otak, pengembangan tingkat berfikir sangat dipengaruhi oleh kemampuan
mengenal dunia luar, kemampuan intelek dapat dilihat pada prilaku
menolak, atau memilih sesuatu., dimana anak telah memiliki proses
analisis evaluasi, hingga mengambil kesimpulan, hal itu jika dipupuk akan
terus berkembang seiring dengan kekayaan ilmu yang dia dapat dari luar, proses
perkembangan semacam ini menurut PEAGET [Sarlito ;1991 ; 81] akan mengikuti
tahaban sebagai berikut ;
1. Tahab
pertama, masa sensori motor [0,0 – 2.5 th]
Pada masa ini bayi
menggunakan pengindera dan aktifita motorik untuk mengenal lingkungan, bayi
akan memberikan reaksi motorik atas rangsangan yang diterima , miasalnya
menangis ketika lapar, kemudian menyebut susu ketika minta makan, hingga
bergerak sampai bisa berjalan.
2. Masa
pra operasional [ 2- 7 tahun].
Ciri has masa ini
kemampuan anak menggunakan simbul, anak yang melihat guru mengajar, dia akan
main sekolah-sekolahan, anak yang melihat dokter praktek, maka dia akan main
dokter dokteran.
3.
Masa konkretoprerasional [ 7 – 11 tahun ]
Pada umur ini anak
telah dapat menyelesaikan tugas, anak telah mengembangkan tiga macam operasi
berfikir;
a.
Identifikasi =
mengenali sesuatu.
b.
Negasi =
mengingkari sesuatu.
c.
Reprokasi = mencari hubungan baik antara beberapa
hal.
4. Masa
operasional. [ 11 – dewasa]
Dalam usia remaja
seseorang telah mampu berfikir secra abstrak dan hepotesis, tahab ini
anak telah mampu membuat perkiraan yang bakal terjadi, telah dapat
mengambil kesimpulan dari suatau pernyataan. Misalnya mobil A lebih bahal dari
mobil B, sedangkan mobil C lebih murah dari mobil B , Maka anak
telah mampu menyimpulkan, mobil mana yang paling mahal dan mobil mana yang
paling murah.
3.
EMOSI.
Perasaan
atau rasa adalah potensi husus yang dimiliki oleh manusia, dalam proses
pertumbuhan dan perkembangan, banyak yang dibutuhkan manusia, baik jasmani
maupun rohani, kebutuhan itu ada yang prima, artinya kebutuhan yang
harus dipenuhi, jika tidak terpenuhi, maka akan menjadikan manusia kecewa,
sebaliknya jika kebutuhannya terpenuhi, maka dia akan merasa puas, gejala itu
dalam diri manusia adalah disebut ‘’gejala perasaan’’.
Emosi termasuk gejala
perasaan, yang ditandai dengan perubahan prilaku fisik, seperti marah,
yangditunjukkan dengan teriakan suarayang kuat, sebaliknya perasaan senang
ditandai dengan perasaan tertawa, melonjak-lonjak dsb.
4.
SOSIAL.
Manusia
adalah makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan manusia lain,
bayi yang baru lahir hidup dan dibesarkan oleh ibunya, keluarga lingkungannya,
Dia manusia tidak dapat berdiri sendiri, namun lingkungannya yang berperan,
sehingga manusia mengnal lingkungan dimana dia berada, hidup dalam
lingkungan atau bermasyarakat itulah dikatakan sosial, saling membantu,
saling tolong, diabntu dan lain-lain.
5. BAHASA.
Alat
komunikasi manusia diebut bahasa, sejak lahir manusia telah berbahasa, menangis
misalnya, dia adalah bahasa bayi, bisa diterjemahkan tanda hidup, bahasa
adalah menyampaikan isi pikiran kepada orang lain, ada dua pihak yang terlibat,
pihak yang menyampaikan isi pikiran dan pihak yang menerima isi pikiran,
bahasa bisa dilakukan dengan lisan, tulisan atau disampaikan melalui alat, TV,
RADIO, HP dll.
6.
BAKAT
GULFORD
meengatakan ada tiga demensi bakat, pertama demensi PERSEPTUAL, yang kedua
demensi PSIKOMOTOR, dan demensi INTELEKTUAL, ketiganya dapat
digambarkan bahwqa bakat mencakup kemampuan penginderaan, ketepatan dan
kecepatan menangkap makna, dan kecepatan dalam bertindak atau berfikir.
Sehingga orangnya.
RANGKUMAN.
1. Individu adalah
manusia yang berkedudukan sebagai pribadi yang utuh, pilah, tunggal dan
khas, dia adalah subjek yang merupakan suatu kesatuan psiko-fisik dengan
berbagai kemampuan untuk berhubungan dengan lingkungan, dengan sesama, dan
dengan tuhan yang menciptakannya.
2. Manusia terus
m,engalami pertumbuhan fiik dan perkembangan fisikhis, pertumbuhan dan
perkembangan itu dialami manusia sejak masih dalam kandungan.
3. Kelahiran
merupakan satu fase pertumbuhan fisik secara lengkap, ditandai dengan
kematangan organ tubuh yang siap berpungsi.
4. Pertumbuhan dan
perkembangan manusia dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain keturunan,
sosial ekonimo, sosial kultural, kesehatan dan latar belakang kehidupan
keluarga.
TUGAS.
1. Mengapa
individu itu dikatakan pribadi utuh, pilah dan tunggal ?
2. Berikan
ciri-ciri pokok seorang individu. ?
3. Amati teman
yang ada sekeliling anda, sebutkan hal yang berbeda, pisahkan aspek pisik dan
non fisik ?
DAFTAR
BACAAN
;
1. SUNARTO, H PROF,DR
dan HARTONO, AGUNG,B,NY,Dra. Perkembangan peserta didik, proyek peningkatan mutu
pendidikan,direktorat jenderal pendidikan tinggi ,1994
2. JAALI,H,PROF,Dr.psikologi
pendidikan, bumi aksara, 2006
3. ANCOK, DJAMALUDDIN,
PROF,Dr, psikologi terapan, DARUSSALAM, 2004.
4. SARWONO WIRAWAN
SARLITO, PSIKOLOGI SOSIAL, TERAPAN DAN KELOMPOK, BALAI PUSTAKA 2005.
5. SOEKANTO SOERJONO,
SOSUOLOGI SUATU PENGAMTAR, PT RAJA GRAFINDO PERSADA, 2009.
0 komentar:
Posting Komentar