Sabtu, 15 Maret 2014

           Selamat bertemu di blog kami  khusus bagi para guru dan dosen atau calon guru dan dosen yang memiliki hasrat sang profesional dalam berkarir. Dengan senang hati saat ini kita akan mendiskusikan mengenai hal yang begitu crucial dan penting untuk di perbincangkan. tak lain dan tak bukan begitu juga tiada bandingannya dengan yang lain yakni kinerja kita menuju guru dan  dosen yang profesional luar dan dalam diri kita.

            Tindakan guru dalam profesinya harus cerdas menentukan langkah langkah menuju gol nya proses pembelajaran. ciri guru cerdas adalah apabila pendidik memiliki skill yang mumpuni (yang dikuasai secara khusus sesuai dengan bidangnya). selanjutnya guru juga tidak hanya pintar dalam menguasai keilmuan tetapi guru juga harus mampu mentransfer dengan sempurna dan tepat kepada anak didik nya.

            Dalam Faktanya untuk menuju gol nya preses pembelajaran tidak semulus yang kita bayangkan. lebih spesifik kita sering mengalami dan menemukan langkah buntu dalam proses transfer ilmu kepada peserta didik. hal itu wajar karena karena  dalam realita di kelas karakter  dan daya tangkap peserta didik berbeda beda. Dalam hal ini kita  seringkali hanya bisa menggunjingkan keadaan siswa tanpa melakukan sesuatu. maka dengan hal itu kita sebagai pendidik belum bisa dikatakan cerdas dan profesional.

               Ada yang lupa dalam karir kita sebagai pendidik apabila kita mengalami kebuntuan langkah atau hal lain dalam proses transfer ilmu yakni kegiatan riset atau melakukan penelitian yang berhubungan dengan proses pendidikan. maka saat inilah waktunya bagi para guru dan dosen kita belajar melangkah lebih maju dengan mencoba membiasakan melakukan penelitian yang berhubungan dengan pendidikan.
                 Sebelum kita berbicara lebih jauh, terlebih dahulu kita harus dapat memahami apa itu yang dimaksud penelitian?.
                 
                Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



























Riset atau penelitian sering dideskripsikan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisifakta-fakta. Penyelidikan intelektual ini menghasilkan suatu pengetahuan yang lebih mendalam mengenai suatu peristiwa, tingkah laku, teori, dan hukum, serta membuka peluang bagi penerapan praktis dari pengetahuan tersebut. Istilah ini juga digunakan untuk menjelaskan suatu koleksi informasi menyeluruh mengenai suatu subyek tertentu, dan biasanya dihubungkan dengan hasil dari suatu ilmu atau metode ilmiah. Kata ini diserap dari kata bahasa Inggrisresearch yang diturunkan dari bahasa Perancis yang memiliki arti harfiah "menyelidiki secara tuntas".
  Narasumber lain http://koffieenco.blogspot.com/2013/07/penelitian-pendidikan.html. mengatakan bahwa  Pengertian dari penelitian pendidikan adalah suatu kegiatan yang sistematis untuk menemukan jawaban yang mendekati kebenaran mengenai permasalahan pendidikan atas dasar penalaran yang rasional dan logis, serta adanya dukungan dari fakta empiris.

Penelitian pendidikan umumnya dilakukan untuk mengembangkan, menemukan dan menguji atas kebenaran dari suatu konsep, prinsip, pengetahuan dan mengenai pendidikan secara umum. Adapun tujuan penelitian pendidikan sebagai berikut :
  • Untuk bahan masukan, meningkatkan mutu isi, proses serta hasil pembelajaran dan pendidikan di sekolah.
  • Untuk membantu tenaga kependidikan seperti guru dan lainnya dalam mengatasi masalah pendidikan dan pembelajaran baik di luar maupun di dalam kelas.
  • Untuk meningkatkan profesionalisme di dalam dunia pendidikan maupun tenaga kependidikan.
  • Untuk menumbuhkan dan mengembangkan budaya akademik dalam lingkungan sekolah, sehingga bisa melakukan perbaikan mutu pembelajaran dan pendidikan secara berkelanjutan.
  • Untuk meningkatkan keterampilan bagi tenaga pengajar khususnya saat melakukan PBT.
  • Untuk meningkatkan kerja sama yang profesional di antara para pendidik maupun tenaga kependidikan.
Selain itu manfaat dari penelitian pendidikan sendiri yaitu :
  • Sebagai peta yang dapat mendeskripsikan mengenai keadaan pendidikan serta mendeskripsikan tentang kemampuan sumber daya mengenai
kemungkinan hambatan yang bisa dihadapi.


  • Sebagai sarana diagnosis ketika mencari penyebab suatu kegagalan dan masalah yang di hadapi pada saat pelaksanaan pendidikan agar bisa dicari penyelesaiannya.
  • Sebagai bahan dasar untuk menyusun suatu kebijakan, termasuk strategi dalam pengembangan pendidikan.
  • Sebagai masukan yang dapat memberikan gambaran mengenai kemampuan dalam peralatan, pembiayaan, perbekalan dan tenaga kerja yang memiliki peran dalam keberhasilan pendidikan.
  • Untuk jenis-jenis dari penelitian pendidikan sendiri dibagi menjadi 6 bagian yakni :
    • Penelitian Deskriptif
    Penelitian ini berusaha untuk menggambarkan suatu kegiatan penelitian yang dilakukan terhadap objek-objek tertentu dengan cara sistematis dan jelas.
    • Penelitian Eksperimen
    Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 3 persyaratan yaitu peneliti harus melakukan kegiatan mengontrol, kemudian memanipulasi serta melakukan observasi.
    • Penelitian Tindakan Kelas
    Penelitian ini merupakan bentuk penelitian terhadap refleksi diri berdasarkan yang sudah dilakukan partisipan selama ini dalam situasi-situasi sosial (pendidikan) agar bisa memperbaiki praktek yang dilakukannya.
    • Penelitian Kualitatif
    Metode penelitian ini yang sering kali digunakan untuk melakukan penelitian terhadap kondisi objek alamiah.
    • Penelitian Kuantitatif
    Metode penelitian ini yang digunakan untuk meneliti sampel atau populasi tertentu.
    • R & D
    Research an Development atau penelitian dan pengembangan ini merupakan strategi yang ampuh untuk memperbaiki praktek. Maksudnya untuk mengembangkan produk baru.

    Pada hakikatnya penelitian pendidikan merupakan cara untuk memperoleh informasi yang bisa dipertanggungjawabkan sebagai upaya untuk memahami proses kependidikan.


    Artikel terkait dengan Penelitian Pendidikan:

    Ragam/Jenis Jenis Penelitian Pendidikan
    Konsep Dasar Penelitian Kuantitatif dan kualitatif
    Proses Pelaksanaan Penelitian Kuantitatife
    Proses Pelaksanaan Penelitian Kualitatife
    Penelitian Eksperimental
    Pengumpulan Data Kualitatif dan Kuantitatif
    Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif
    PTK
    Menyusun Proposal dan Laporan Penelitian
    Cara Membuat Judul Yang Benar Dalam Menyusun PTK/Skripsi 
    Cara Mudah Membuat Bab Pendahuluan Pada PTK 
    Cara Mudah Membuat Bab IV Analisia Data Dalam PTK/Skripsi



                 

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Unordered List

    Hot News

    Sample Text

    TV Online

    Read more: http://indosoftgame.blogspot.com/2012/07/cara-memasang-tv-online-di-blogger.html#ixzz2Kbjot8Qu Under Creative Commons License: Attribution Follow us: @BangProHi on Twitter | IndoSoftGame on Facebook

    Translater

    English French German Spain Italian Dutch

    Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

    Widget Google Translate by Indosoftgame

    Read more: http://indosoftgame.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-widget-penerjemah-di-blog.html#ixzz2Kbhx31pH Under Creative Commons License: Attribution Follow us: @BangProHi on Twitter | IndoSoftGame on Facebook

    AWAS LUPA WAKTU

    Pages

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Popular Posts

    Recent Posts

    Text Widget